Mengenal 6 Perbedaan Buah Nona dan Srikaya Secara Keseluruhan

Perbedaan buah nona dan srikaya seringkali menjadi perdebatan terutama di kalangan pecinta buah. Jika dilihat dari segi fisik memang memiliki ciri-ciri yang hampir sama dan berasal dari keluarga Annonaceae.

Meskipun begitu, tetapi keduanya sebenarnya merupakan jenis buah tropis yang berbeda. Yuk, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini untuk lebih jelasnya!

6 Perbedaan Buah Nona dan Srikaya

Inilah perbedaan antara buah nona dengan srikaya yang selama ini dianggap sangat mirip:

  1. Habitat atau Asal-Usul

Salah satu perbedaan yang menonjol antara buah srikaya dan nona adalah asal-usulnya yang berbeda. Buah srikaya diketahui dari Asia Tenggara seperti Indonesia, sedangkan nona berasal dari Amerika Selatan.

Jenis buah nona dapat tumbuh dengan subur dalam iklim tropis ataupun subtropis. Untuk srikaya bisa ditemukan dengan mudah di wilayah tertentu yang memiliki musim dingin dan hujan.

  1. Tekstur dan Rasa 

Saat dikonsumsi, tekstur buah srikaya biasanya lebih padat, kenyal, dan rasa manis yang cukup kuat. Aroma yang dihasilkan oleh buah tropis ini sangat khas dan mampu menggugah selera. Sementara itu, tekstur buah nona lebih lembut dan memiliki cita rasa yang manis dengan sedikit asam.

  1. Ukuran dan Bentuk

Perbedaan buah nona dan srikaya yang tak kalah mencolok ada pada ukuran dan bentuknya. Jika dilihat dari segi bentuk, buah nona mungkin lebih oval dibandingkan dengan srikaya. Namun, ukuran buah nona secara keseluruhan cenderung lebih besar.

  1. Kulit Buah

Bukan hanya tekstur dan bentuk, kulit buah tropis ini juga memiliki perbedaan yang signifikan. Kulit buah nona dinilai lebih keras dan memiliki sedikit duri yang cukup tajam di bagian kulitnya. 

Hal ini tentunya berbeda jauh dengan buah srikaya yang lebih mudah untuk dikupas menggunakan tangan. Apalagi bisa dikonsumsi secara langsung tanpa perlu menghadapi rasa sakit seperti duri pada buah nona.

  1. Warna Daging Buah

Daging buah yang ada pada buah nona memiliki warna putih bersih hingga sedikit kekuningan. Sementara itu, buah srikaya memiliki daging buah dengan warna yang sedikit kekuningan atau oranye. Buah srikaya memiliki warna yang cerah dengan tampilan menarik dan menggugah selera.    

  1. Kandungan Gizi

Dalam mempertimbangkan kandungan gizi, kedua jenis buah tropis ini mempunyai kelebihan masing-masing. Buah nona memiliki kandungan seperti vitamin B, C dan serat yang lebih banyak. Kandungan ini yang membuat manfaat buah nona mampu melancarkan sistem pencernaan. 

Ekstrak buah nona juga terdapat kandungan antiinflamasi dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbeda dengan srikaya yang memiliki banyak vitamin C dan beberapa mineral seperti magnesium dan kalium. Manfaat buah srikaya jika dikonsumsi rutin yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Perbedaan buah nona dan srikaya secara menyeluruh dapat dilihat dari habitat, bentuk, ukuran dan kandungan gizi. Dalam memilih buah manakah yang ingin dikonsumsi maka bisa disesuaikan kebutuhan nutrisi. Keduanya merupakan jenis buah tropis yang terasa sangat lezat dan baik untuk kesehatan.

Tinggalkan komentar