Jangan Sampai Salah Beli Produk, Ketahui 6 Perbedaan Kualitas Platinum dan Premium

Istilah platinum dan premium umum muncul dalam dunia “perprodukan”. Keduanya memiliki makna yang berbeda. Mengetahui makna serta perbedaan kualitas platinum dan premium akan membuat Anda lebih bijak dalam memilih. Identifikasi kualitas produk pun bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.

Perbedaan keduanya ternyata cukup signifikan sehingga kesalahan memilih bisa berdampak pada jarak kualitas yang terlihat. Jangan sampai terkecoh dan keliru mengidentifikasi mana yang lebih tinggi dan mana yang lebih rendah. Ketahui perbedaan platinum dan premium dalam lingkup kualitas produk di sini.

Perbedaan Kualitas Platinum dan Premium

Produk platinum umumnya lebih berkualitas atau nilainya lebih tinggi dari produk premium. Berikut 6 hal yang membedakan produk platinum dengan premium.

1. Material

Bedanya platinum dan premium yang utama ada pada material yang digunakan. Produk platinum menggunakan material berkualitas tinggi yang memiliki ketahanan yang sangat baik. Produk premium juga menggunakan material yang berkualitas tetapi memiliki ketahanan yang lebih rendah dari platinum.

2. Manfaat

Produk platinum memberikan manfaat yang lebih banyak dan lebih memuaskan dari produk premium. Produk ini menyediakan fitur dan fungsi yang bisa memberikan nilai tambah dan produk menjadi lengkap. Produk premium memberikan manfaat terbaik tanpa adanya fitur, kegunaan, atau nilai tambah apapun.

3. Layanan

Perbedaan kualitas platinum dan premium selanjutnya ada pada layanan dan dukungan yang disediakan pihak penjual. Layanan produk platinum umumnya mencakup semua aspek dari pembelian, perbaikan, sampai purnajual.  Produk premium hanya mendapatkan layanan standar tanpa prioritas.

4. Opsi

Pilihan untuk produk platinum itu tidak banyak dan cenderung eksklusif. Berbeda dengan produk premium, dimana pilihan untuk produk tersebut cukup variatif. Konsumen diberi banyak pilihan sesuai keperluannya. Karena opsinya sedikit atau bahkan langka, nilai dari produk platinum menjadi jauh lebih tinggi.

5. Persepsi

Ada prestise, kemewahan, dan gengsi tinggi yang ditawarkan pada produk platinum. Produk tidak hanya dinilai dari kualitas material dan manfaat utama yang diberikan. Produk dinilai dari persepsi kelas yang membuatnya berbeda dari yang lain. Hal ini juga dipengaruhi oleh target pasar produk yang ditargetkan.

Produk platinum dipasarkan dalam pasar yang eksklusif dimana konsumen yang membelinya memiliki daya beli tinggi. Premium sebaliknya, dimana produk yang ditawarkan tidak memiliki persepsi kelas dan hanya menitikberatkan pada manfaat sebenarnya. Produk premium mudah ditemukan dan tidak eksklusif.

6. Harga

Perbedaan premium dan platinum yang terakhir adalah harga. Karena menawarkan kualitas dan prestise lebih tinggi, produk platinum tentu dihargai lebih mahal dari produk premium. Perbedaan ini merupakan perbedaan yang wajar karena didasarkan pada perbedaan kualitas dan kelas antara kedua produk.Perbedaan kualitas platinum dan premium pada akhirnya mengerucut pada tiga aspek. Ketiganya adalah harga, kualitas, dan prestise. Manakala Anda mengetahui perbedaan keduanya, Anda tidak akan salah membeli dan bisa membeli dengan bijak sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan gengsi.

Tinggalkan komentar