Perbedaan Waktu Vietnam dan Indonesia Barat, Tengah, dan Timur

Contekan.net – Vietnam dan Indonesia adalah 2 negara di Asia Tenggara yang memiliki zona waktu yang sama. Tidak terdapat perbedaan waktu Vietnam dan Indonesia sehingga kegiatan bisnis antara kedua negara bisa diselenggarakan bersama. Selain itu, tidak ada perbedaan berpengaruh pada penyiaran dan transportasi.

Adanya perbedaan waktu berdampak pada berbagai kegiatan, termasuk kegiatan bisnis atau penyiaran. Perbedaan waktu juga berpengaruh pada komunikasi antara perusahaan atau individu yang hidup di kedua negara. Dampak perbedaan waktu lebih sekadar perbedaan jam makan siang atau waktu tidur.

Letak Astronomis dan Geografis Indonesia

Vietnam berada di sebelah timur Myanmar, Thailand, Laso, dan Kamboja. Posisinya berada di pinggiran bagian timur semenanjung Indochina. Letak astronomis Vietnam adalah 8 derajat LU – 22 derajat LS dan 104 derajat BT – 108 derajat BT. Vietnam memiliki iklim dan musim yang sama dengan Indonesia.

Letak astronomis Indonesia 6 derajat LU – 11 derajat LS dan 95 derajat BT – 141 derajat BT. Indonesia berada di antara benua Asia dan benua Australia serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Lokasi kedua negara tidak jauh. Selain musim dan iklim, kedua negara memiliki kesamaan waktu.

Perbedaan Waktu Vietnam dan Indonesia

Waktu Vietnam dengan Indonesia atau lebih tepatnya Indonesia bagian barat tidak berbeda karena keduanya berada di zona waktu yang sama. Indonesia dan Vietnam sama-sama berada di zona waktu +7UTC (Coordinated Universal Time). Indonesia memiliki tiga zona waktu sementara Vietnam hanya satu.

3 zona waktu Indonesia adalah WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan WIT (Waktu Indonesia Timur). Zona waktu Vietnam termasuk dalam ICT (Indochina Time). Perbedaan waktu Vietnam dan Indonesia dirasakan di wilayah tengah dan timur Indonesia (berdasarkan zona waktu).

Berikut adalah tabel perbedaan waktu antara Indonesia dan Vietnam.

Siaran sepak bola yang ditayangkan dari Hanoi pada pukul 20.00 ICT bisa disaksikan pada pukul 20.00 WIB di Tasikmalaya, pukul 21.00 WITA di Palopo, dan pukul 22.00 WIT di Fakfak. Selain Vietnam negara Asteng lain yang memiliki waktu sama (+7 UTC) dengan Indonesia adalah Kamboja, Thailand, dan Laos.

NegaraZona WaktuWaktu
VietnamUTC+707.00
Indonesia BaratUTC+707.00
Indonesia TengahUTC+808.00
Indonesia TimurUTC+909.00

Satu-satunya negara di Indochina yang memiliki perbedaan waktu dengan Vietnam, Kamboja, Thailand, dan Laos adalah Myanmar (UTC+6,5). Perbedaan waktu Myanmar dengan negara tersebut dan Indonesia adalah -30 menit. Perbedaan waktu Vietnam dengan Indonesia tengah dan timur adalah 1 dan 2 jam.

Tidak adanya perbedaan waktu Vietnam dan Indonesia atau perbedaan waktu yang tidak signifikan akan mempermudah kedua negara menjalin hubungan bisnis dan diplomatik. Vietnam dan Indonesia sendiri termasuk negara yang memiliki hubungan baik dan tidak memiliki sejarah konflik apalagi perang.

Tinggalkan komentar