health  

Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka? Berikut Jawabannya

Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka
Bolehkah Ibu Hamil Makan Semangka

Kegunaan semangka buat ibu hamil yaitu bisa meredam mual sampai menahan anemia. Tapi, efek kalau konsumsi terlalu berlebih yaitu menaikkan efek diabetes gestasional. Konsumsi buah semangka saat hamil rupanya di perkenankan loh moms.

Soal ini di picu buah semangka miliki kandungan pada vitamin A, vitamin B5, vitamin C, potasium, tembaga, kalium, likopen, dan asam amino citrulline.

Tidak hanya itu, kegunaan dari semangka buat ibu hamil yaitu melenyapkan mual, menahan anemia, turunkan tekanan darah, menangani kram, menaikkan daya tahan badan, dan menyuport bertumbuhnya perubahan janin.

Tapi tak boleh konsumsi berlebihan ya moms. Soal ini bisa menimbulkan diabetes karena kandungan gula yang berada di dalam buah itu cukup tinggi. Moms juga bisa menanam biji semangka di pot agar bisa mengonsumsinya tiap hari.

Nilai Gizi 2 Buah Semangka

Dalam buah semangka, konstruksi daging buahnya sesungguhnya cuma terdiri dari 2 sisi paling besar, yaitu air (91 %) dan karbohidrat (7,5 persen). Sementara bercakap nilai gizi 2 buah semangkanya  miliki komposisi berikut ini:

  • Kalori: 60
  • Protein: 1,2 gr
  • Gula: 12,4 gr
  • Serat: 0,8 gr

Kandungan karbohidrat paling besar di semangka terdiri dalam gula simple, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, dan sedikit serat. Selain itu, semangka mempunyai kandungan sejumlah mineral serta vitamin yang di butuhkan oleh ibu hamil, seperti vitamin C, A, B5, tembaga, dan potasium. Sayang, tak seperti buah-buahan yang lain, semangka untuk beberapa umumnya bukan sumber anti-oksidan yang baik buat badan.

Kegunaan semangka buat ibu hamil

Konsumsi buah semangka buat ibu hamil sesungguhnya mengundang reaksi beraneka dari dokter kandungan. Ada dokter yang memperkenankan ibu hamil konsumsi semangka pada jumlah tertentu, ada yang menganjurkan buat menjauhinya. Di luar pro-kontra itu, ibu hamil makan semangka bisa memberinya sejumlah kegunaan, salah satunya yaitu:

1. Menghilangkan rasa mual

Untuk sejumlah ibu hamil, kegunaan semangka buat ibu hamil yaitu bisa melenyapkan rasa mual dan pengin muntah yang acapkali tampil terlebih di trimester pertama kehamilan, terlebih saat pagi hari (morning sickness). Anda bisa konsumsi semangka berbentuk fresh ataupun udah di proses menjadi juice ataupun es krim.

2. Menurunkan heartburn

Kegunaan semangka buat ibu hamil ini di dapat karena kandungan air yang besar sekali di semangka bisa meredam rasa panas di dada karena penambahan asam lambung. Tidak hanya itu, kandungan air ini bagus buat menahan dehidrasi dan kram otot, terlebih di trimester akhir kehamilan

3. Turunkan efek preeklampsia

Menurut study yang di terbitkan di International Journal of Gynecology and Obstetric. Mengonsumsi makanan yang kaya lycopene bisa turunkan efek berlangsungnya Preeklamsia (salah satu komplikasi kehamilan dengan tanda yang meningkatkan tekanan darah dengan kasus protein yang berlebihan pada urin) sampai 50 persen.

Kegunaan semangka buat ibu hamil ini di terima dari kandungan lycopene. Bahkan juga, senyawa ini bisa terbuktikan bertambah tinggi di banding tomat maka sesuai di makan oleh ibu hamil. Dalam perihal tersebut, buah semangka buat ibu hamil bisa turunkan tekanan darah karena ada kandungan citrulline.

Selanjutnya, kandungan ini di ganti jadi arginine. Ke-2 senyawa ini bekerja lewat cara melemaskan dan membentangkan pembuluh darah maka tekanan lantas menurun. Tekanan yang kurang begitu tinggi juga kurangi efek preeklampsia.

4. Sehatkan perubahan janin

Buah semangka buat ibu hamil tidak sekedar di rasa wanita, namun untuk janin yang ada pada rahim. Kandungan pada vitamin A, C, dan B6 di buah semangka bisa terbuktikan bisa sehatkan janin, terlebih buat perubahan indera pandangan, otak, skema saraf, dan skema imun janin.

5. Menahan anemia

American Pregnancy Association (APA) menuturkan, buah semangka adalah sumber zat besi yang bagus buat ibu hamil. Makan semangka bisa menahan anemia di ibu hamil dan menegaskan konsumsi gizi terhadap janin terus lancar.

Akan tetapi, karakter zat besi asal dari tumbuhan (terhitung semangka) rata-rata lebih susah diserap oleh badan. Maka dari itu, biar mendapati kegunaan semangka buat ibu hamil yang maksimum, Anda direkomendasikan konsumsi semangka bersamaan dengan makanan sumber vitamin C, semisalnya jambu biji dan jeruk.

Vitamin C bisa menaikkan kebolehan badan meresap zat besi. Buat smenahan anemia, Anda pun direkomendasikan mengolaborasikan makan semangka dengan sumber zat besi asal dari hewan, semisalnya hati sapi. Bila memang perlu, Anda dapat minum suplemen yang di sarankan oleh dokter.

6. Turunkan efek komplikasi di kehamilan

Waktu kehamilan, keperluan cairan badan bakal meningkat. Soal ini di picu ibu hamil menghasilkan makin banyak darah buat menyangga kehidupan janin di kandungan maka dibutuhkan makin banyak cairan buat menyuport rotasi biar terus dapat jalan lancar. Cairan diperlukan buat mengawasi kandungan air ketuban.

Di waktu yang bertepatan, proses pencernaan di badan ibu hamil akan kian lamban. Campuran dari bertambahnya keperluan cairan dan lambannya proses pencernaan bakal menaikkan efek ibu hamil merasakan konstipasi maupun ambeien.

Kekurangan cairan di saat masa kehamilan udah acapkali di sangkutkan dengan problem perubahan janin dan bertambahnya efek bayi lahir prematur ataupun lahir pada situasi merasakan cacat. Buah semangka yaitu buah yang mempunyai kandungan banyak air maka kegunaan semangka buat ibu hamil bermanfaat buat penuhi keperluan cairan hariannya.

7. Menambahkan kekuatan tubuh ibu hamil

Kegunaan semangka buat ibu hamil seterusnya ialah untuk menaikkan kekuatan badan. Di karenakan, semangka kaya vitamin C. Vitamin C baik untuk produksi collagen di badan. Selanjutnya, collagen bakal bermanfaat dalam pembangunan kulit dan tulang. Kandungan Vitamin C berguna juga buat menolong mengembalikan sekumpulan sel tubuh yang hancur dan percepat badan dalam meresap zat besi.

8. Mengurangi nyeri dalam tubuh

Buah semangka buat ibu hamil berguna juga buat kurangi kram. Tak karena hanya kandungan airnya, semangka lantas banyak vitamin B5 buat kurangi ngilu badan saat hamil. Maka dari itu, ibu hamil lantas direkomendasikan buat konsumsi konsumsi banyak vitamin B5 sejumlah 6 mg tiap hari.

Efek Samping Buah Semangka Buat Ibu Hamil

Apabila berlebih, bukannya jadi buah yang baik buat ibu hamil, kandungan gula yang cukup tinggi di semangka bisa menyebabkan diabetes gestasional (diabetes yang cuma terjadi waktu hamil).

Resiko negatif semangka buat ibu hamil ini timbul lantaran buah itu miliki index glikemik (IG) rendah maka kandungan gula darah Anda dapat naik dalam waktu cepat sesudah makan semangka. Selainnya diabetes gestasional, konsumsi semangka buat ibu hamil harus terbatasi karena buah ini kurang kaya fruktosa dan serat.

Konsumsi makanan yang sebagai berikut bisa menyebabkan timbulnya problem pencernaan. Tidak hanya itu, efek semangka yang lain yaitu:

  • Problem denyut jantung karena kebanyakan konsumsi kalium
  • Menimbulkan diare karena kebanyakan lycopene
  • Kembung karena konsumsi air sangat banyak.

Di atas sudah kami jawab tentang bolehkah ibu hamil makan semangka. Tentu dengan rincian yang sudah kami jelaskan di atas biar para moms lebih mewaspadai efek sampingnya demi kesehatan si bayi juga.